Penyakit Leukemia

Di dalam sumsum tulang sel darah terus-menerus diproduksi sesuai kebutuhan, dari sel induk yang ada di sana. SelĀ  darah itu adalah sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) yang beraneka jenis dan keping darah (trombosit). Sel darah merah bertugas sebagai pengangkut zat asam untuk pertukaran zat dari paru ke semua sel didalam tubuh dan membawa asam arang, yaitu zat ampas ke paru untuk disingkirkan melalui jalan napas. Leukosit sibuk berhadapan dengan pembangkit penyakit dan kerusakan, sedangkan keping darah mempunyai peranan penting di dalam pembekuan darah.

Pada leukemia akut, tumor ganas sel darah putih berkembang begitu cepatnya sehingga tanpa terapi penderita akan meninggal dalam waktu singkat. Pada orang dewasa, sumsum tulang yang aktif hemopoetis (membentuk darah) adalah tulang pendek ruas tulang punggung, panggul, tengkorak, iga dan tulang dada. Akibat pertamanya adalah produksi dari sel-sel lain menjadi terdesak, sehingga terjadi kekurangan sel darah merah, jenis sel darah putih lainnya dan trombosit. Efeknya tentu dapat diramalkan yaitu kurang darah karena kekurangan sel darah merah, infeksi karena hilangnya kekebalan dikarenakan berkurangnya sel darah putih yang sehat dan perdarahan karena pembekuan darah, terganggu akibat kekurangan sel trombosit.

Leukemia merupakan neoplasma ganas sel darah putih (leukosit) yang ditandai dengan bertambah banyaknya sel darah putih abnormal dalam aliran darah. Terjadinya produksi sel-sel darah putih yang masih muda dengan cepat, berlebihan dan tidak berfungsi. Sel-sel tersebut berinfilitrasi secara progresif ke dalam jaringan tubuh, terutama pada sumsum tulang. Hal tersebut mengakibatkan sumsum tulang rusuk dan kehilangan fungsinya untuk membuat sel darah merah (eritrosit) normal, sel darah putih normal, dan platelets. Sebagai akibat dari kegagalan membuat sel darah merah maka dapat mengakibatkan anemia. Kurangnya sel darah putih yang normal dapat mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan gagalnya produksi platelets dapat mengakibatkan pendarahan yang gawat.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Leukemia and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>